-->

follow us

Explor Keindahan Alam Indonesia Tercinta

Inilah 4 Vitamin Yang Baik Untuk Pertumbuhan Rambut



Munculnya rambut memainkan peran penting dalam penampilan fisik dan persepsi diri orang, sehingga dapat sangat merusak untuk mengalami kerontokan rambut, terutama ketika tampaknya tidak ada yang bisa Anda lakukan.

Tetapi tahukah Anda bahwa ada vitamin untuk pertumbuhan rambut? Bahkan, gizi buruk, termasuk kekurangan vitamin, merupakan faktor utama kerontokan rambut. Pemulihan rambut rontok alami ini bekerja untuk memperbaiki akar masalah, seperti mengatur kadar hormon Anda atau melawan stres oksidatif yang meningkat seiring bertambahnya usia.

Kurang dari 45 persen wanita menjalani hidup dengan kepala penuh rambut sementara mayoritas pria melalui beberapa jenis rambut rontok dalam kehidupan mereka.

Industri perawatan rambut tahu bahwa konsumen memiliki keinginan yang besar untuk terlihat muda sekarang lebih dari sebelumnya sehingga selalu memberikan produk baru yang menjanjikan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sebelum Anda membelanjakan uang Anda untuk produk lain yang mungkin membuat Anda kecewa, cobalah menggunakan vitamin ini untuk pertumbuhan rambut (atau vitamin rambut seperti yang kadang-kadang saya sebut) pertama.


untuk Pertumbuhan Rambut
Yang benar adalah rambut rontok adalah proses kompleks yang melibatkan berbagai mekanisme genetik, hormonal dan lingkungan. Sama seperti kulit kita, folikel rambut tunduk pada penuaan intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik termasuk mekanisme genetik dan epigenetik kami, dan faktor ekstrinsik termasuk merokok dan radiasi UV.

Kadang-kadang rambut rontok juga disebabkan oleh kekurangan vitamin. Untungnya, kekurangan dapat diperbaiki dengan menambahkan makanan kaya vitamin ke diet Anda atau menggunakan suplemen.

Beberapa vitamin memiliki sifat antioksidan yang membantu melawan faktor ekstrinsik rambut rontok, dan beberapa vitamin membantu keseimbangan kadar hormon tubuh, faktor lain yang menghentikan pertumbuhan rambut.

Cobalah vitamin rambut sehat ini jika Anda ingin tahu cara menebal rambut secara alami..

1. Minyak Ikan

Minyak yang kaya akan spesies asam lemak yang berbeda telah digunakan secara ekstensif baik dalam penelitian hewan dan manusia untuk mengevaluasi efek pada kesehatan kulit dan rambut.

Lemak Omega-3 menyehatkan rambut, mendukung penebalan rambut dan mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan rambut rontok, itulah mengapa minyak ikan bermanfaat bagi rambut dan merupakan salah satu dari enam vitamin teratas untuk pertumbuhan rambut.

Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology mengevaluasi efek dari suplementasi enam bulan dengan omega-3, omega-6 dan antioksidan pada rambut rontok.

Dalam studi komparatif acak, 120 subyek wanita sehat dengan pola rambut rontok perempuan berpartisipasi. Titik akhir primer adalah perubahan kepadatan rambut dievaluasi pada foto standar, dan titik akhir sekunder termasuk perubahan dalam persentase folikel rambut aktif dan distribusi diameter pertumbuhan rambut.

Setelah enam bulan perawatan, penilaian foto menunjukkan peningkatan yang unggul dalam kelompok suplemen. Pertumbuhan rambut meningkat dibandingkan dengan kelompok kontrol, dan 89,9 persen peserta melaporkan penurunan rambut rontok, serta peningkatan diameter rambut (86 persen) dan kepadatan rambut (87 persen).

Makan makanan omega-3 seperti salmon, mackerel, tuna, ikan putih, sarden, kuning telur, kacang walnut, biji rami dan natto untuk mengurangi peradangan dan menyeimbangkan hormon.

Jika Anda tidak cukup makan makanan omega-3, ambil 1-2 kapsul atau satu sendok makan suplemen minyak ikan kelas atas untuk membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan gangguan rambut.

Jika Anda sudah mengonsumsi obat pengencer darah, termasuk aspirin, bicaralah dengan dokter Anda sebelum menggunakan minyak ikan karena dapat meningkatkan pendarahan.

2. Seng

Senyawa seng oral telah digunakan selama beberapa dekade untuk mengobati gangguan seperti telogen effluvium dan alopecia areata, bentuk-bentuk kerontokan rambut, karena manfaat zinc kesehatan folikel rambut.

Seng merupakan faktor penting untuk beberapa enzim dan terlibat dengan aktivitas fungsional penting dalam folikel rambut. Seng juga merupakan inhibitor ampuh regresi folikel rambut, dan mempercepat pemulihan folikel rambut.

Studi menunjukkan bahwa beberapa pasien alopecia areata memiliki defisiensi zinc, dan terapi zinc sulfate oral berfungsi sebagai pengobatan yang efektif.

Dalam studi 2013, peneliti mengevaluasi peran status seng di masing-masing dari empat jenis rambut rontok, termasuk alopecia areata, pola rambut rontok laki-laki, pola rambut rontok perempuan dan telogen effluvium. Pada semua pasien rambut rontok, serum zinc rata-rata secara signifikan lebih rendah daripada kelompok kontrol.

Analisis masing-masing kelompok menunjukkan bahwa semua kelompok rambut rontok memiliki konsentrasi seng yang secara statistik lebih rendah, terutama kelompok alopecia areata. Data menyebabkan hipotesis gangguan metabolisme zinc memainkan peran kunci dalam kerontokan rambut.

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Annals of Dermatology mengevaluasi dampak terapeutik suplementasi zinc oral sepanjang 12 minggu pada 15 pasien alopecia areata yang mempunyai kandungan serum zinc rendah.

Suplemen zinc glukonat oral (50 miligram) diberikan kepada pasien alopecia areata tanpa pengobatan lain. Tingkat serum zinc diukur sebelumnya serta sesudah suplementasi zinc, serta selanjutnya skala empat point dari perkembangan kembali rambut dipakai untuk mengevaluasi dampak terapeutik.

Setelah terapi, kadar serum zinc meningkat secara signifikan, dan efek terapeutik positif diamati untuk sembilan dari 15 pasien (66,7 persen). Para peneliti menyimpulkan bahwa suplemen seng perlu diberikan kepada pasien alopecia areata yang memiliki kadar serum zinc rendah, dan bahkan bisa menjadi terapi adjuvan untuk pasien yang tidak mengalami hasil ketika menggunakan metode terapi tradisional, itulah sebabnya mengapa seng salah satu vitamin terpenting untuk pertumbuhan rambut.

3. Vitamin C

Bukti eksperimental menunjukkan bahwa stres oksidatif memainkan peran utama dalam proses penuaan. Spesies oksigen reaktif atau radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif yang dapat secara langsung merusak membran struktural sel, lipid, protein dan DNA.

Dengan bertambahnya usia, produksi radikal bebas meningkat dan jumlah enzim antioksidan yang mempertahankan tubuh menurun, menyebabkan kerusakan struktur seluler dan penuaan rambut. Dengan bekerja sebagai antioksidan, vitamin C melawan stres oksidatif yang menyebabkan rambut beruban dan rambut rontok.

Untuk melawan kerusakan radikal bebas dan melindungi rambut dari penuaan, penuhilah makanan vitamin C seperti jeruk, paprika merah, kale, kubis Brussel, brokoli, stroberi, grapefruit dan kiwi. Jika Anda membutuhkan suplementasi, minumlah 500–1.000 miligram vitamin C dua kali sehari sebagai antioksidan.

4. Vitamin D

Folikel rambut sangat sensitif terhadap hormon, dan vitamin D adalah hormon yang memainkan peran penting dalam homeostasis kalsium, regulasi kekebalan dan diferensiasi pertumbuhan sel. Di dunia ilmiah, sudah diketahui bahwa alopecia areata biasanya ditemukan pada pasien dengan defisiensi vitamin D, raket vitamin D yang resistan, atau mutasi reseptor vitamin D.

Penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang tidak memadai telah terlibat dalam berbagai penyakit autoimun, termasuk alopecia areata. Sebuah studi cross-sectional yang melibatkan 86 pasien dengan alopecia areata, 44 pasien dengan vitiligo dan 58 kontrol sehat dilakukan.

Kadar vitamin D serum 25-hydroxyvitamin pada pasien dengan alopecia areata secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan pasien dengan vitiligo dan kontrol yang sehat. Selanjutnya, korelasi inversi yang signifikan ditemukan antara tingkat keparahan penyakit dan tingkat serum 25 (OH) D pada pasien dengan alopecia.

Para peneliti menyimpulkan bahwa skrining pasien dengan alopecia areata untuk defisiensi vitamin D tampaknya bermanfaat untuk kemungkinan melengkapi pasien dengan vitamin D.

Paparan sinar matahari langsung adalah cara terbaik untuk menyerap vitamin D, ditambah Anda dapat mendetoksifikasi tubuh Anda dengan matahari. Duduk di bawah sinar matahari selama kurang lebih 10-15 menit untuk menyerap sekitar 10.000 unit vitamin alami D.

Aplikasi topikal vitamin D mungkin juga berperan dalam pemulihan disfungsi siklus rambut pada pasien dengan alopecia areata. Untuk meningkatkan kadar vitamin D Anda dengan sumber makanan, makan makanan kaya vitamin D seperti halibut, mackerel, belut, salmon, ikan gabus, ikan todak, jamur maitake dan jamur portabella.


You Might Also Like:

Newest Post

Contact Us

Name

Email *

Message *