-->

follow us

Explor Keindahan Alam Indonesia Tercinta

"WISATA GUNUNG BATU TUMPANG CIKAJANG GARUT"

Tulisan ini lanjutan dari cerita sebelumnya yang menceritakan perjalanan saya ke gunung Batu Patapaan. Kalau ada yang
belum membaca bisa klik link berikut ini
Mari lanjutkan ceritanya. Setelah kami menikmati pemandangan nanindah di Batu Patapaan kami lanjutkan perjalanan ke Gunung Batu Tumpang yang lokasinya tidak jauh dari Batu Patapaan.
Hari sudah siang sekitar pukul 10 pagi itu. Sepanjang jalan dimanjakan dengan pemandangan lanscape yang aduhai
indahnya. Alhamdulillah desa tempat kami tinggal masih tergolong asri sehingga udaranya masih segar.
Kurang lebih 10 menit kami sudah sampai d tempat tujuan. Saat itu kami memilih tempat parkir yang dekat dengan jalur pendakian. Nah akhirnya kami memutuskan untuk memarkirkan
motor disebuah warung yang berdekatan dengan jalur pendakian dan dekat sekali dengan Batu Tumpangnya.
Selepas kami memarkir motor bergegas menuju puncak gunung dengan membawa sebotol air mineral dan hammock dengan
harapan diatas bisa hammock-an.
Pendakian tidak berlangsung lama karena jarak dari jalan ke puncak gunung tidak terlalu jauh dan sudah ada tracknya. Tapi lumayan membuat napas ngos ngosan karena jalanan cukup terjal, untungnya tidak terlalu jauh perjalananya sehingga bisa segera sampai walau sempat berhenti beberala kali... Hehe maklun udah lama gak naik gunung.

Sesampainya dipuncak gunung saya langsung membuka jaket dan persiapan untuk mengambil foto, sayang rasanya kalau tidak difoto ditempat yang instagramable hehe "tertular kisd jaman
now"
Tidak lama kami berada dipuncak Gunug Batu Tumpang karena suasana sedang sepi karena yang rame ada dibagian bawa,
rame yang sedang latihan panjat tebing. Seperti biasa kalau kami datang kesuatu tempat yang view nya bagus sudah bisa
dipastikan untuk mengambil beberapa foto untuk dijadikan kenang-kenangan. Pemandangan yang bisa dilihat dari puncak cukup meghipnotis mata
Sepanjang mata memandang yang terlihat adalah hamparan pemandangan hijau yang dipayungi awan putih keabu-abuan
yang memberi pertanda akan segera turun hujan. Ya betul siang itu memang agak mendung dan sepertinya akan segera turun hujan, maka dari itu kami segera turun untuk mencari tempat
memasang hammock karena diatas gunung tidak ada spot yang cocok.
Gunung Batu Tumpang ini berada di desa Tanjung Jaya Banjarwangi tetangaan dengan desa saya. Tempat ini sekarang
sudah ramai karena sudah menjadi objek wisata, warung-warung sampai dengan café sudah ada disini. Apalagi dimusim liburan sudah bisa diprediski tempat ini akan ramai pengunjung.
Pengunjung yang hanya sekedar untuk nongkrong dan istirahat dari perjalanan mudik atau perjalanan wisata ke pantai santolo dan sekitarnya bahkan untuk mendaki dan panjat tebing.
Lokasinya yang berada dipinggir jalan raya dan berada diketinggian jadi bisa menikmati pemandangan lascape yang
luas. Saya tidak tahu berapa tingginya gunung Batu Tumpang ini hehe yang jelas Batunya Besar dan Tinggi. Batu Tumpang ini pernah juga dijadikan tempat pengibaran bendera mereh putih
pada saat hari kemerdekaan, bendera yang panjangnya 150 meter membentang menyelimuti sebagian batu besar ini.
Sesampenya di temat parkir motor yang berada di depan sebuah warung kami bedua istirahat sambil makan gorengan dan doclo (lontong isi berbentuk segitiga). Sambil menikmatinya kami melihat ada sekelompok orang yang sedang latihan panjat tebing, kereen ada beberapa wanita berkerudung yang panjat tebing.

Hari semakin siang dan rintik hujan mulai membasahi bumi, satu tujuan lagi yang belum tercapai yaitu memasang hammock dan menikmatinya gelantungan diatasnya. Kami menyusuri jalan raya pinggir kebun teh sambil melihat kearah kanan siapa tau ada pohon yang bisa kita jadikan tiang untuk pasang hammock.
Tujuan kami sebetulnya di jalan lurus dekat saung seng disanaada beberapa pohon pinggir jalan yang biasa diapakai orang-orang.
Coba kami kesana, didalam perjalanan rintik hujan semakin besar dan kami memutar balik arah pulang. Dalam perjalanan pulang kami menemukan beberapa pohon dipinggir jalan sebelah kiri dekat dengan kebin teh jadi pemandangan cukup indah. Walpun ada rintik hujan kami putuskan utuk
memasangnya diantara pepohonan, biasa jiwa anak muda kalau belum terpenuhi keingiananya suka gatal bawaanya. Hanya
berlangsung beberapa menit saja kami menikmati hammock yang bergelantung diantara pepohonan, hujan mulai turun dan
kami pun bergegas turun dan membuka ikatan hammock dan menggulungnya kemudian dimasukan kedalam kantung kecil. Setelah itu kami pulang kerumah masing-masing.
Travelling atau bewisata ketempat yang indah akan menambah wawasan baru tentang kearifan dan budaya yang ada ditempat tersebut. So teruslah menjelajah selagi ada waktu dan kesempatan.
___________________________________________________
____________________________________________________
#santolo #santolobeach #garutindah #garutbanget #garutturunankidul#melonggarut #potretgarut #galerigarut #garuthits #pangulinangarut#exploregarut #jelajahgarut
Untuk melihat keindahan dari hasil foto2 Wisata Batu Tumpang Cikajang bisa dilihat di link berikut