-->

follow us

Explor Keindahan Alam Indonesia Tercinta

Nasehat Bagi para Penuntut Ilmu

https://tonydreamtheater.wordpress.com/2016/10/17/nasehat-untuk-kita/
Status FB:
Dani Hamdani
Bismillah dari MASRUQ RAHIMAHULLAH berkata''cukuplah se2orang dikatakan berilmu jika ilmu tsb membuahkan rasa takut kpd ALLAH TA'ALA.Sebaliknya,cukuplah se2orang dianggap bodoh tatkala membanggakan diri dengan ilmunya''BAAROKALLAHU FIIKUM:)
Koment:
Pian Hardianto
Ibnu Qudamah rahimallah menjelaskan bagaimana ghurur ini menimpa orang-orang yang berilmu. Di antara mereka ada orang-orang yang menekuni ilmu syar’i akan tetapi mereka melalaikan pengawasan terhadap amal anggota badan mereka dan penjagaan dari perbuatan-perbuatan maksiat, serta lalai untuk menekan diri mereka agar senantiasa taat. Mereka tertipu dengan ilmu yang ada pada mereka sehingga mereka menyangka bahwa mereka punya tempat di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Padahal bila mereka melihat dengan ilmu mereka tentu akan tahu bahwa ilmu tidak dimaksudkan dengannya kecuali amal. Kalaulah bukan karena amal tentu ilmu tersebut tidak bernilai,, Di antara mereka ada sekelompok yang menekuni ilmu dan amal lahiriah tapi tidak mengawasi kalbu mereka agar menghapus dari diri mereka sifat-sifat yang tercela, semacam sombong, hasad atau iri dan dengki, riya` dalam amal, mencari popularitas, ingin lebih unggul dari yang lain.
Mereka telah menghiasi lahiriah mereka, akan tetapi melupakan batin mereka dan mereka lupa terhadap hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
إِنَّ اللهَ لَا يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ
“Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada penampilan-penampilan dan harta benda kalian. Akan tetapi melihat kepada kalbu dan amal kalian.” (Shahih, HR. Muslim dan Ibnu Majah dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)
Penyunting: Supra Din Atsir

You Might Also Like:

Contact Us

Name

Email *

Message *